PBO A

Fit for the Future: A sharing of Experience

Narasumber : Ahmadsyah Alghozi Nugroho

Bapak Ahmadsyah Alghozi Nugroho atau biasa dipanggil Holly adalah seseorang pekerja di Internasional Oil Company di Belanda. Pekerjaan beliau tergolong sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri minyak. Sebagai engineer maka kita harus membuat sesuatu untuk belajar, beda halnya dengan scientist yang mana perlu belajar untuk membuat sesuatu.

Beliau bekerja di tempat yang berbeda-beda, setiap tempat kerja yang pernah beliau tempati memiliki ciri khas yang berbeda-beda, misalnya ketika beliau bekerja di Qatar Petroleum yang mana Qatar Petroleum jika di Indonesia seperti Kementrian ESDM, sehingga beliau bekerja sebagai PNS dan jam kerjanya dari jam 06.30 hingga 14.30 begitu seterusnya setiap hari, sedangkan ketika beliau bekerja di tempat lainnya yang bisa dikatakan swasta maka cara kera beliau harus ngotot dan menyelesaikan sebuah tugas sesuai deadline yang telah ditentukan.

Menurut beliau, berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu dicapai:

Interest

Ketertarikan (interest) merupakan salah satu hal yang mendasar. Sejak SMP dan SMA, Pak Holly telah memiliki ketertarikan dengan komputer. Ketertarikan awal tersebut membuat beliau selalu bersungguh-sungguh ketika menjalani kuliahnya di jurusan Informatika. Jika ingin sukses akan sesuatu, pertama-tama haruslah ditemukan interest apa yang terdapat dalam diri ini.

Vision Board

Untuk membuatnya, pertama-tama gunakan gambar yang kuat dan relevan dalam mewakili perasaan, pengalaman, dan keinginan yang ingin dicapai. Kemudian, gunakan kalimat afirmasi, kutipan inspiratif, kata penyemangat, jargon, atau sekadar pemikiran singkat yang sesuai atau mendukung gambar. Selanjutnya, sangat penting untuk meletakkannya di tempat yang mudah terlihat atau sering dilalui, misalnya dinding di dekat tempat tidur, di dekat cermin, atau di dekat pintu keluar.

Required skills

Tentu saja, sebagai lulusan sarjana Informatika diperlukan IT skill yang memadai (Application, Database, Network, Operating System). Namun tidak hanya itu, skill-skill lainnya pun sangat dibutuhkan pada dunia kerja. Diantaranya, business skill, domain skill, communication skill (public speaking), leadership skill (authencity, collaboration, interaction), networking skill (mentorship), dan masih banyak lainnya.

TOP 10 DIGITAL TRANSFORMATION TRENDS FOR 2020

  1. 5G for You and Me
  2. A faster WiFi for a faster world
  3. Analytics are the Competitive Advantage
  4. AI and Machine Learning become force multipliers for data analytics
  5. Blockchain moves beyond Crypto
  6. RPA catches a second wind
  7. Conversational AI becomes a legitimate interface
  8. ACPCs transform the laptop market forever
  9. Connected vehicles, autonomous drones and Smart Cities become our new reality
  10. XaaS, UX/CX, and privacy: How technology-adjacent Digital Transformation trends will take to center stage in 2020

What Do You Want To Be?

Menjadi Generalist atau Specialist? Generalist adalah seseorang yang serba bisa, sedangkan Specialist adalah seseorang yang ahli dalam bidang tertentu. Generalist dan Specialist masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Lalu apa yang seharusnya kita pilih? Jawabannya adalah tergantung kondisi pasar. Sebaiknya kita jangan terpaku menjadi generalist/specialist. Lebih baik kita mengkondisikan diri sendiri pada generalist/specialist tergantung mana yang lebih dibutuhkan pasar saat ini.

How To Do That?

Bagaimana cara kita mengondisikan diri? Belajar! Tingkatkan skill dengan cara belajar, dan buktikan diri kita layak dengan cara mengambil sertifikasi. Selain itu ada juga skill yang harus kita kuasai, yakni:
  1. Domain Skill. Ketahui dimana posisi kita!
  2. Communication Skill. Belajarlah public speaking!
  3. Leadership Skill. Latihlah Deliver to Others
  4. Networking Skill. Jalinlah hubungan dengan orang lain dengan cara termudah yaitu mentorship.
  5. Other Skill. Kembangkan kemampuan kita yang tidak dimiliki orang lain!

Di dunia kita sekarang ini kita akan mengalami Digital Transformation 2020. Yang termasuk Digital Transformation 2020 yaitu:

  1. 5G
  2. Faster wifi for a faster world
  3. Analytics are the competitive
  4. Artificial Intelegent dan Machine learning
  5. Block chain moves beyond crypto
  6. RPA catches a second wind

Adapun teknologi yang sedang berkembang yaitu:

1. Drone
Hasil gambar untuk drone
2. Cloud
Hasil gambar untuk cloud database
3. Digital Twins
Hasil gambar untuk Digital Twins.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lapar , di GO-FOOD in aja.

MPPL E Resume Kuliah Tamu